MEDANEKSPOS.COM, Belawan. – Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban SH SIK MKP dan jajaran reskrim berhasil mengungkap sindikat jaringan pencurian sepedamotor (Curanmor) telah meresahkan masyarakat.

Hasil interogasi terhadap kedua pelaku mengaku menjual sepedamotor curian kepada penampung atau penadah inisial ASL,” ungkap AKBP Janton Silaban SH SIK MKP saat press release di Mako Polres Pelabuhan Belawan, Senin (22/01/2024).

Terungkapnya kasus Curanmor jenis sepedamotor berawal dari laporan polisi yang dibuat korban bernama Nova terkait pencurian sepedamotor Yamaha Mio miliknya di Perumahan KPUM Kelurahan Terjun, Kota Medan.

AKBP Janton Silaban SH SIK MKP menjelaskan bahwa penyelidikan dilakukan setelah mendapatkan laporan korban dari rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian.

Dari petunjuk ciri-ciri pelaku melalui penyelidikan intensif, jajaran reskrim berhasil menangkap dua pelaku utamanya yakni RS dan AB alias Toni.

Tim Sat Reskrim dipimpin Kanit Iptu M Sirait SH segera melakukan pengeledahan di lokasi yang diindikasikan sebagai tempat penadah, yaitu di Jalan Marelan Raya, Pasar III Barat, Kelurahan Terjun.

Tema berhasil menemukan 10 unit sepedamotor yang diduga hasil curian bersama dengan peralatan untuk membongkar atau mengokang sepedamotor.

Tersangka ASL mengakui bahwa ia telah banyak menampung sepedamotor hasil curian dan sebagian besar sudah dijual kembali, salahsatunya adalah sepedamotor Yamaha Mio milik korban Nova yang juga telah terjual. AKBP Janton Silaban SH SIK

Tersangka RS dan AB merupakan residivis kasus Curanmor, dalam aksinya mereka merubah warna sepedamotor yang digunakan saat melakukan pencurian.

AKBP Janton Silaban mengimbau kepada pemilik sepedamotor untuk selalu menggunakan kunci ganda berupa gembok atau rantai guna meningkatkan keamanan dan mengembalikan sepedamotor kepada pemilik yang sudah teridentifikasi tanpa dikenakan biaya apapun.

AKBP Janton Silaban mengucapkan banyak terimakasih kepada Polsek Medan Labuhan yang telah bekerja keras membongkar jaringan sindikat curanmor. Tutup AKBP Janton Silaban.(JT)