MEDANEKSPOS.COM, Medan.-PJ Gubernur Sumut Agus Fatoni mengajak seluruh pelaku UMKM di Sumut untuk memanfaatkan momen pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut dengan memproduksi berbagai produk-produk unggulan Sumut mulai dari makanan dan minuman, wastra hinga kriya bernuansa khas Sumut.

Hal itu disampaikan Fatoni usai meresmikan 3 Inovasi Pemprov Sumut khususnya di Dinas Koperasi dan UKM Sumut, yakni Galeri UMKM Sumut Creative Center, Inkubator Bisnis dan layanan kemasan di Aula Kantor UPTD Pusat Layanan Usaha Terpada (PLUT) Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Komplek PRSU, Jalan Gatot Subroto, Medan, Selasa (20/8/2024).Fatoni mengatakan tahun 2024 Sumut menjadi tuan rumah PON XXI yang akan dilaksanakan 8-20 September dan akan kedatangan lebih dari 15 ribu atlet, pelatih dan ofisial dari 38 provinsi di Indonesia.

Menurut Fatoni dengan hadirnya ribuan orang dari luar Sumut itu merupakan peluang bagi UMKM di Sumut untuk memasarkan produk-produk unggulannya. Sehingga diharapkan pelaksanaan PON dapat menggerakan perekonomian Sumut.Terkait launching Sumut Crative Center, Fatoni mengatakan, itu merupakan bentuk dukungan pengembangan UMKM agar produk-produk UMKM bisa dikenal tidak saja tingkat nasional, tapi juga internasional. Karenanya Pemprov Sumut terus melakukan pembinaan, fasilitasi memberikan pelatihan agar UMKM di Sumut bisa mandiri dan produktif.

Pj Gubernur A Fatoni: Wushu Penyumbang Emas Terbesar di PON
Fatoni menjelaskan, permasalahan utama para pelaku UMKM adalah pemasaran, pengemasan dan perencanaan bisnis. Untuk itu dia mengajak para pelaku UMKM di Sumut untuk datang ke Sumut Crearive Center.Fatoni juga berharap dengan di launchingnya Sumut Crative Center menjadi wadah bertemunya para pelaku UMKM untuk saling bertukar ide untuk berinovasi dalam menghasilkan produk.

Sementara itu Kadis Koperasi dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait SE MM mengatakan, hadirnya Sumut Crative Center mendorong para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan menjual produk-produk mereka. Dikatakannya saat ini ada 129 UMKM yang menjual produknya di Sumut Crative Center dengan 2.040 jenis produk. Ditargetkan penjualan di Sumut Crative Center itu mencapai Rp.1 miliar untuk tahun 2024.Terkait pelaku UMKM yang ikut mensukseskan PON XXI Naslindo mengatakan ada 450 pelaku UMKM yang akan terlibat untuk kesuksesan PON XXI Aceh-Sumut.

Hadir dalam acara itu Dirut PT Bank Sumut Babay Parid Wazdi, Wakil Ketua Kadin Sumut Oki Irawan, Pj Ketua PKK Sumut Tyas Fatoni, Ketua DWP Sumut Dian Arief S Trinugroho, OPD lingkungan Pemprov Sumut dan para pelaku UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Sumut. (Wilson)