MEDANEKSPOS.COM, Langkat. –Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Langkat, H.M. Faisal Hasrimy, A.P., M.A.P., melalui Asisten Administrasi Umum Musti, S.E., M.Si., memimpin Apel Pagi Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (19/08/2024).

Dalam pidato tertulis yang dibacakan oleh Musti, Pj Bupati Langkat menegaskan pentingnya pembinaan dan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017. Pj Bupati mengingatkan bahwa pembinaan adalah usaha yang bertujuan untuk mencapai tujuan pemerintahan daerah, sementara pengawasan memastikan jalannya pemerintahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya mengajak seluruh kepala perangkat daerah untuk meningkatkan kesadaran dalam menindaklanjuti hasil pengawasan dengan tepat dan valid sesuai rekomendasi hasil pemeriksaan. Ini merupakan langkah penting untuk memperbaiki kelemahan dan mencegah terulangnya temuan yang sama di masa mendatang,” tegasnya.

Pj Bupati Langkat juga menekankan bahwa tindak lanjut hasil pembinaan dan pengawasan harus dilaksanakan paling lambat 60 hari setelah diterimanya hasil tersebut. Dalam konteks ini, ia menegaskan pentingnya keseriusan seluruh perangkat daerah dalam menindaklanjuti temuan hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

“Kita harus bekerja keras untuk memperbaiki opini keuangan pemerintah Kabupaten Langkat yang saat ini berada pada status ‘Wajar Dengan Pengecualian’ (WDP). Target kita adalah meraih kembali opini ‘Wajar Tanpa Pengecualian’ (WTP) pada tahun depan, sebagai bagian dari komitmen kita untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas,” ujar Pj Bupati.

Apel gabungan ini turut dihadiri oleh para Asisten dan Staf Ahli Setda Kabupaten Langkat, kepala perangkat daerah, pejabat eselon III dan IV, serta ASN dan non-ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat. Semua peserta apel diingatkan untuk tidak berpuas diri dengan capaian yang telah diraih dan terus berupaya maksimal dalam mewujudkan good governance di Kabupaten Langkat.

Dengan arahan yang jelas dari Pj Bupati Langkat, diharapkan seluruh elemen pemerintahan Kabupaten Langkat dapat bekerja lebih cermat, teliti, dan bertanggung jawab demi meraih kembali opini WTP dan mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.(Agus)