MEDANEKSPOS.COM, Medan. ~Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari Dosen dari Program Studi Matematika dan Ketua Program Studi Diploma Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara beserta Alumni yang juga merupakan Dosen Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan bersama-sama berkolaborasi dalam merancang Sistem Informasi Pemasaran di Lembaga Genesia International Academy Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), pada hari Selasa, 02 juli 2024 di Jalan Bunga Rinte Simpang Selayang, Medan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) ini diketuai oleh Katrin Jenny Sirait, S.Si, M.Si. dan didampingi oleh Dra. Normalina Napitupulu, M.Sc,. beserta Desmon Gunadi Siagian, S.Si., M.M. Pimpinan Lembaga Genesia Wilayah Sumatera bagian Utara, Ibu Popie Susanty, S.Ikom., M.Si. Dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Lembaga Genesia International Academy merupakan Lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dalam Persiapan Studi Lanjut ke Luar negeri. Genesia baru berjalan 1 Tahun di Indonesia. Sehingga Genesia belum banyak dikenal orang dan sangat perlu bagi bagian pemasaran melakukan kerja keras. Oleh karena itu, Bagian Pemasaran Lembaga Genesia Wilayah Sumatera bagian Utara membutuhkan sistem yang mempermudah pekerjaan Pemasaran. Tim Pegabdian melakukan diskusi dalam bentuk Focus Group Discussion dengan Pihak Lembaga Genesia di Puri Zahara 2 Blok Q-8, Jl.Bunga Rinte Simpang Selayang, Medan Tuntungan. Ketua tim pengabdian dalam kesempatannya menyampaikan tujuan kegiatan yaitu untuk memaksimalkan hasil rancang Sistem Informasi yang sesuai dengan kebutuhan pihak Genesia. Selain itu, Ketua Tim Pengabdian juga menyampaikan bahwa tim siap membantu jika terjadi kendala dalam penggunaan Sistem Informasi oleh Lembaga Genesia.

Setelah itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat menyerahkan Website yang sudah dapat diakses dari google kepada Lembaga Genesia International Academy. Dengan mengetik kata kunci “Genesia sumut” pada kolom Pencarian Google, maka hasil pencarian muncul diurutan pertama dengan nama website yaitu https://genesiasumut.id. Pimpinan Lembaga Genesia menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di Kantor Lembaga Genesia International Academy Medan. Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara berperan sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Peserta kegiatan diberikan vidio tutorial untuk mempermudah pemahaman materi terkait penggunaan websitenya.

Tim pengabdian berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas layanan di Lembaga Genesia International Academy dalam merancang dan mengelola sistem informasi pemasaran berbasis web. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui penerapan teknologi informasi yang lebih baik. (tim)