MEDANEKSPOS, Medan. – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melibatkan ribuan relawan atau volunteer untuk menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumut dan Aceh pada 8-20 September 2024. Mereka adalah masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi yang dilakukan oleh pantia PON 2024.

Kami selaku Dinas Tenaga Kerja yang ditunjuk sebagai bidang sumber daya manusia untuk mendukung event ini, jadi kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara bahwa pada PON ini telah membuka kesempatan kepada seluruh putra-putri Sumatera Utara untuk ikut berperan serta sebagai relawan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Ismail P Sinaga, saat menjadi narasumber pada Dialog Interaktif di TVRI Sumut, Jumat (5/7).

Nanti, lanjutnya, relawan ini akan bertugas sebagai pelayanan langsung apakah sebagai front officier atau sebagai petugas lapangan. Petugas ini nantinya disebut sebagai Green Volunteer yang dipilih sesuai dengan kompetensi. Mereka diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para atlet maupun official dalam pelaksanaan pertandingan nantinya.

Selain Green Volunteer, adapula Blue Volunteer, yaitu duta yang bekerja tidak secara langsung terlibat dalam event pertandingan pada PON XXI. Ia mencontohkan seperti karyawan TVRI bisa mendaftar sebagai relawan dengan tetap bekerja di tempat kerjanya masing-masing.

“Ayo putera-puteri Sumut ikut berperan serta menjadi volunteer dengan mendaftar ke www.PON2024.id,” ajak Ismail.

Website tersebut, kata Ismail, sudah diluncurkan sejak Mei 2024 dan sudah menerima pendaftaran sekitar 6.000 orang. Pihaknya akan melakukan seleksi bagi petugas langsung yakni green volunteer. Setelah itu akan diberikan pelatihan baik bersifat umum dan khusus pada Agustus.

Untuk volunteer green kita sudah lakukan seleksi. Nanti akan diumumkan hasilnya di website, akan ditampilkan nama-nama yang lulus. Semua seleksi dilakukan secara online,” kata Ismail.

Kendati demikian, pihaknya tetap membuka kesempatan bagi putera-puteri Sumut yang ingin bergabung menjadi duta atau Blue Volunteer. Ia menargetkan sebanyak 70.000 green Volunteer dan Blue Volunteer yang akan berperan aktif menykseskan PON 2024. (Wilson)