MEDANEKSPOS.COM, Medan. – Pebiliar Sumatera Utara (Sumut) Jaka Kurniawan Ginting dan Marlando Sihombing kembali menyumbang emas kedua dari Cabor Biliar, setelah berhasil mengalahkan pasangan pebiliar Provinsi Aceh Ronni Satria dan Andy Heryanto di final, dengan skor 250-95, Kamis (12/9/24) di Pardede Hall Medan.

Jaka dan Lando yang bertanding di divisi snooker nomor English Biliard 250 Point Double tampil sangat percaya diri tanpa beban.Mereka berdua nampak santai dan tenang meski pertandingan final.

Permainan santai Jaka dan Lando merupakan buah dari hasil semifinal, saat berhadapan dengan Jawa Barat yang merupakan the real final.

Pada pertandingan semifinal Jaka dan Lando benar-benar mengeluarkan kemampuan terbaiknya sebab lawan yang dihadapi sangat kuat.

Berbeda dengan saat final yang secara kualitas dan peringkat pemain Aceh di bawah Jaka dan Lando. Alhasil tensi permainan saat final tidak begitu tinggi. Hasil kemenangan akhir Jaka dan Lando sudah diprediksi sebelumnya milik Sumut.

Raihan dua emas dari pasangan Jaka dan Lando diapresiasi tinggi Kontingen Sumut yang hadir menyaksikan pada partai final. Turut hadir menyaksikan Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Umum Pengprov POBSI Sumut Salomo TR Pardede, Ketua Umum KONI Medan Eddy H Sibarani dan para suporter Kontingen Sumut, termasuk keluarga kedua pemain.

Seusai pertandingan, Jaka dan Lando langsung diserbu para pendukungnya untuk mengucapkan selamat dan memeluknya sambil terharu. Suasana hari dan membanggakan tampak saat istri dan keluarga kedua pemain memberikan selamat sambil berpelukan.

Salomo Pardede sebagai Ketua POBSI Sumut, mengaku bersyukur untuk sementara Sumut telah meraih dua medali emas dan lima perunggu. Dia mengatakan, perburuan medali belum selesai masih ada peluang untuk menambah emas baik dari Jaka dan Lando di nomor single maupun dari atlet lain yang masih bermain di divisi pool putra dan putri.

Salomo juga mengatakan, sebelumnya POBSI Sumut menargetkan minimal dua emas dari Jaka dan Lando dan semoga bisa bertambah.

“Jaka dan Lando memang kita targetkan minimal dua emas dan target paling tinggi sapu bersih empat emas di nomor English Biliard. Target itu sangat realistis sebab mereka berdua merupakan peringkat satu dan dua nasional di nomor ini,” kata Salomo.

Sementara Pelatih Tim Biliar Sumut Resa Rangkuti merasa sedikit lega setelah Jaka dan Lando menyumbangkan emas kedua bagi Kontingen Sumut di ajang PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024.

“Sejauh ini target kita di divisi snooker khusus English Biliard masih on the track.Semoga di dua nomor berikutnya bisa meraih hasil yang sama yakni medali emas,” harap Resa.

Sebelumnya pasangan Jaka dan Lando telah menyumbangkan satu medali emas dari nomor English Biliard Frame Double. (RL/Fajar)