MEDANEKSPOS.COM, Deli Serdang. – Tim voli putri Jawa Tengah (Jateng) mengalahkan tim voli putri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tiga set penuh. Bermain di lapangan indoor voli Sport Centre Sumut di Desa Sena Deli Serdang, Rabu (11/9/2024), tim voli putri Jateng menang dengan skor set pertama 25-20, set kedua 25-23 dan set ketiga.

Di set pertama dan kedua, tim berusaha merebut poin dengan kombinasi serangan. Kedua tim saling mengejar poin. Di set pertama, poin kedua tim tidak terpaut jauh.

Namun, Jateng yang memiliki 2 pemain proliga sejak peluit dibunyikan wasit terus mampu memimpin. Sementara itu, DIY yang memiliki 6 pemain Proliga berusaha mengejar poin hingga 17-18. Hingga set terakhir, DIY belum bisa menyamakan kedudukan. Di set terakhir, Jateng memimpin 20-25.

Di set kedua, DIY pun tidak mampu memimpin bahkan menyamakan skor. Sempat terjadi rally panjang dibarengi blok dan smash kedua tim. Namun, tim voli putri DIY kembali kalah dengan skor 23-25.

Di babak ketiga, tim DIY berusaha untuk bangkit dengan kerjasama tim melakukan serangan yg sempat menyulitkan lawan. Jateng yang sudah memimpin W Set, tidak mau kalah di set ketiga, dengan semangat terus memblok smash lawan. Di set ketiga, tim voli putri DIY harus menyerah dengan skor 16-25.

Menyikapi kemenangan itu, Asisten Manajer tim voli putra putri Jawa Tengah Lamidin S mengucapkan rasa syukur anak asuhnya mampu bermain dengan gembira dan lepas. Hal tersebut sudah dipersiapkannya sejak pelatihan di daerah.

“Awalnya, agak 50:50 karena kita saling mengalahkan. Kita tidak ketemu, mereka juara PON. Sehingga saat pertandingan agak berat. Tapi, anak anak bermain happy,” ujarnya.

Dengan kemenangan di babak pertama penyisihan voli PON XXI ini, selanjutnya Jateng akan menghadapi tim voli putri Jatim besok (Kamis). Lamidin mengatakan, anak-anak asuhnya tetap akan bermain lepas.

“Di Pra PON kita kalah 3-1 sama Jatim. Kita akan berjuang. Kita waspadai Jatim” katanya.

Senada, pelatih tim voli putri Jateng, Adi Suyanto mengatakan, anak-anak asuhnya bermain dengan tidak terlalu tegang sehingga bisa menang 3 set.

“Sekarang sudah fokus. Kita akan melakukan perbaikan,” ujarnya.

Sementara asisten pelatih tim voli putri DIY Zakin mengakui kekalahan yang dialami karena rem work ana asuhnya belum baik, karena proses adaptasi.

“Kedepan, kita susun lagi,” ujarnya singkat.
(Fajar/Tim50)