MEDANEKSPOS.COM, Kabanjahe. -Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dan siswa harus memiliki hubungan yang baik, dan guru harus mendukung pencapaian siswa secara penuh. Guru juga bisa membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan, serta memotivasi siswa untuk terus semangat belajar. Salah satu cara untuk membuat semangat belajar siswa yaitu dengan memberikan reward atau penghargaan kepada mereka atas pencapaian yang telah diberikan.

Reward atau penghargaan yang diberikan kepada siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka, menumbuhkan motivasi belajar, dan mengembangkan diri. Secara praktis, penghargaan bermakna sebagai perbuatan menghargai atau menghormati. Reward juga bisa disebut sebagai ganjaran yang seperti hadiah.

Salah satu,contoh siswa(i) SMA 1 kabanjahe kepala dinas pendidikan wilayah lV Sumatera Utara (Cabdis). salman,S.Sos,M.IP. memberikan piagam penghargaan kepada siswa juara lomba memperingati HUT ke 79 Ada pun nama juara tersebut yang di berikan penghargaan ya itu.juara Lomba gerak jalan, juara lomba marching Band,juara, OSK bidang Biologi, juara OSK, Bidang Geofrafika,Juara ganda putra pemberian piagam Didampingi Bapak kepala Bidang pembinaan SMA sumatera Utara, kasi SMA kabanjahe, kepala sekolah SMA 1 negeri Eddianto bangun SPd.,M.Si.turut juga memberikan, piagam penghargaan secara simbolis kepada siswa yang berperprastasi perlombaan 17 Agustus ke 79 tahun,di halaman sekolah SMA 1 kabanjahe. (Mhd Bahrin)