MEDANEKSPOS.COM, Medan. •Mantan Rektor Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN SU) periode 1987-1995 Brigjen TNI (Purn) Drs H. Nazri Adlani, wafat di Jakarta hari Senin 6 Mei 2024 pada usia 86 tahun.

Wafatnya Drs H Nazri Adlani dirasakan duka mendalam civitas akademika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), sebab, Brigjen TNI (Purn) Drs H Nazri Adlani merupakan salah satu Rektor terbaik yang pernah memimpin UIN SU (IAIN Su-dulunya), dan turut andil bagi perkembangan Kampus Islam kebanggaan masyarakat Sumatera Utara dengan berbagai capaian prestasi, baik akademik maupun non akademik yang di pernah ditorehkan bagi IAIN SU (UIN SU-sekarang).

“Wafatnya Bapak Nazri Adlani meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga besar civitas akademika UIN SU. Selama almarhum memimpin di IAIN SU pada masa lalu, banyak capaian yang berhasil ditorehkan dalam sejarah perjalanan UIN SU hingga saat ini,”ujar Rektor UIN SU Prof Dr Hj Nurhayati MAg dalam pesan dukanya, Selasa (7/5/2024).

Rektor UIN SU berharap, apa yang pernah di berikan almarhum Drs H Nazri Adlani saat memimpin IAIN SU terdahulu, semoga menjadi amal jariyah atas kerja keras dan totalitas almarhum dalam memimpin IAIN SU terdahulu, sehingga membawa perubahan bagi UIN SU sekarang.

“Semoga Allah SWT lapangkan kuburnya, dan kami turut mendoakan agar alamrhum Bapak Nazri Adlani ditempatkan di surga sesuai dengan amalan dan jasa besarnya membangun UIN SU hingga berkembang saat ini, kepada keluarga kmai do’akan agar diberikan ketabahan dan keikhlasan atas berpulangnya almarhum, Insya Allah Husnul Khotimah, kami keluarga besar UIN SU hari ini juga melaksanakan sholat ghaib untuk almarhum,” sambung Rektor Prof Nurhayati.

Almarhum Brigjen TNI (Purn) Drs H Nazri Adlani merupakan tokoh Nasional yang berasal dari Pasaman Barat wafat pada hari Senin 6 Mei 2024, pukul 22.00 WIB di Jakarta tutup usia 86 tahun.

Alamat duka Jalan. Flamboyan No. 101
(Mabad bawah 3) Rengas
Ciputat Timur Tangerang Selatan.

Menurut informasi Jenazah almarhum H. Ahmad Nazri Adlani akan dimakamkan pada hari Selasa, 7 Mei 2024 di Komplek Pondok Pesantren Adlaniyah, Tampus, Ujunggading Pasaman Barat Sumatera Barat. (Wilson)