MEDANEKSPOS.COM, Medan. – Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan (Ka, KPR), Mytrando Indra Tuju beserta Staff mengikuti Apel Siaga 3+1 Berantas Halinar guna memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke 60 Tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, di Lapangan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan. Kegiatan dihadiri oleh Jajaran Petugas Lapas dan Instansi terkait. Pembina Apel, yakni Kepala Kantor Wilayah Kanwil Kemenkumham Sumut, Mhd. Jahari Sitepu, sambil memberikan arahan kepada seluruh Jajaran Pemasyarakatan yang hadir, Jum’at (05/04/2024).

Mhd. Jahari Sitepu dalam arahannya menekankan pentingnya kewaspadaan dan profesionalisme dalam menjalankan tugas penuh tanggung jawab. Jahari mengapresiasi dedikasi dan komitmen para Petugas dalam melaksanakan tugasnya, dengan komitmen pegang teguh 3 (tiga) Kunci Pemasyarakatan, maju + back to basic saat menjalankan tugas. Melakukan mitigasi terhadap seluruh kemungkinan yang dapat terjadi. “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”, menjadi Tema peringatan HBP tahun ini.

“Bekerjalah dengan profesional dan berintegritas. Tingkatkan efisiensi kinerja, dan bangun Tim yang solid. Apabila ada kendala, segera komunikasikan dengan pimpinan. Jadikan momentum peringatan HBP yang ke 60 ini memantapkan langkah mengabdi pada Bangsa dan Negara,” kata Jahari.

Usai Apel, kegiatan dilanjutkan melakukan Razia pada Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan ini bagian rutinitas yang dilakukan guna memelihara kondisi Lapas tetap kondusif. Jahari memimpin langsung jalannya Razia. Barang sitaan dari pelaksanaan Razia tersebut langsung dimusnahkan usai razia selesai dilaksanakan.

Turut hadir pada kegiatan  tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan, Rudi Fernando Sianturi, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian, Perwakilan Satuan Kerja Pemasyarakatan Medan Sekitar, Perwakilan BNN Provsu, Polsek, dan Koramil Setempat. (Wilson)